banner 728x250

Seleksi Gala Siswa Indonesia 2024 Kota Mojokerto Resmi Dimulai, 10 Kesebelasan Adu Tangkas Menggocek Bola

banner 120x600
banner 468x60

 

KOTA MOJOKERTO,JURNALDETIK.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro secara resmi membuka ajang mencari talenta atlet sepakbola Gala Siswa Indonesia (GSI) 2024 tingkat di Lapangan Sepak Bola Panggreman, Kelurahan Kranggan pada Senin (13/5).

banner 325x300

Ajang mencari bibit unggul yang diinisiasi oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek tahun ini diikuti oleh 10 kesebelasan dari 9 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta dari 3 kecamatan se-Kota Mojokerto.

Mas Pj, sapaan akrab Ali Kuncoro saat apel pembukaan seleksi SGI menyampaikan saat ini Garuda Muda sudah naik level dan untuk menciptakan atlet yang bekualitas harus melalui proses yang Panjang.

“Untuk menciptakan atlet yang bekualitas itu prosesnya panjang (long term atlet development) harus ada pembibitan seperti sekarang ini yang dilakukan, harus ada pembinaan, harus ada seleksi, harus ada kompetisi, kalau itu ekosistemnya tidak disiapkan dengan baik maka mustahil akan muncul atlet-atlet yang berkualitas,” kata sosok yang juga menjabat sebagai Kadispora Jatimi ini.

Baca Juga :  Kalah 0 - 2 Dari Timnas Uzbekistan, GP Ansor Kabupaten Mojokerto Tetap Apresiasi Perjuangan Timnas Garuda Muda

Ia juga berpesan bahwa prestasi atlet juga harus diimbangi dengan sportifitas dari para pemain maupun suporternya.

“Peradaban olahraga sebuah negara dikatakan maju, naik kelas, naik level apabila prestasinya bagus, suporternya juga luar biasa. Datang baik, memberikan dukukungan kepada pemainnya dengan semangat, selesai juga tidak ada sampah yang bertebaran dan yang gak kalah penting jangan sampai olahraga imbuh pencak , imbuh tinju, imbuh tukaran,” tuturya.
Kepada seluruh peserta, wasit, official dan suporter Mas Pj berpesan agar bekerja keras dalam seleksi GSi ini.

“Tunjukkan skill terbaik adik-adik, laksanakan seleksi dengan penuh semangat, dan junjung tinggi nilai sportifitas, dan saya harapkan kepada pelatih, nanti apabila ada supporter tolong jadikan mereka suporter yang beradab, memberikan dukungan yang terbaik tetapi tidak sampai terjadi perselisihan atau baku hantam yang tidak kita inginkan,” pesan Mas Pj.

Melalui seleksi GSI Mas Pj juga berharap akan lahir pesepakbola berprestasi dari Kota Mojokerto. “Besar harapan saya melalui seleksi ini ke depan akan lahir talenta-talenta atau atlet-atlet atau pesepakbola yang berkualitas luar biasa yang dilahirkan dari Bumi Majapahit. Saya saat final saya pengen menyaksikan secara langsung dan hadir di tengah-tengah adik-adik semua,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ketua PBVSI Jatim Apresiasi Turnamen Voli Tingkat Pelajar SMA/SMK se-Jatim di DBL Arena

Senada dengan Mas Pj, Ketua KONI Kota Mojokerto Santoso Bekti Wibowo menyampaikan bahwa seleksi secara rutin perlu dilakukan untuk mencari talenta-talenta baru.

“GSI harus digelar secara rutin karena paling tidak nanti yang juara atau terseleksi bisa membawa nama Kota Mojokerto untuk jenjang yang lebih tinggi. Saya mengingat bahwa dari GSI ini lahir Hansamu Yama, Muhlis, Dan alhamdulillah GSI ini setiap generasi untuk Mojokerto setiap level timnas selalu ada,” terangnya usai pembukaan seleksi GSI.

Sosok yang akrab disapa Abah San ini juga menyampaikan bahwa di Kota Mojokerto juga ada kompetisi yang secara rutin digelar setiap tahunnya. “Kompesi internal itu kewajibannya Askot dan selama ini sudah diputar, di level kota untuk anak usia dini ada wali kota cup dan ada Piala Suratin U13, U15 dan U17,” tutupnya.

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara ke - 78 Polda Jatim Gelar Balap Sepeda Tour de Panderman

Seleksi GSI akan digelar mulai tanggal 13-17 Mei 2024 dan rencananya pada final nanti juga akan dihadiri secara langsung oleh Pj Wali kota Mojokerto. (Kar)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *