banner 728x250

Lomba Menulis 1.106 Pantun Akan Meriahkan HUT ke-106 Kota Mojokerto

banner 120x600
banner 468x60

 

MOJOKERTO,JURNALDETIK.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) berkolaborasi dengan Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM) akan menggelar lomba menulis 1.106 pantun untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-106 Kota Mojokerto.

banner 325x300

Lomba yang akan diikuti ratusan siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto ini akan dilaksanakan pada Jumat, 14 Juni 2024 di Atrium Sunrise Mall Mojokerto.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro menyebut event ini juga menjadi upaya melestarikan budaya leluhur, mengingat pantun sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia dan beberapa negara rumpun Melayu lainnya.

Baca Juga :  Ketua Prodi Komunikasi UMM Apresiasi Kinerja Polda Jatim Jaga Kondusifitas Pemilu 2024

“Mengenalkan pantun kepada anak-anak merupakan upaya yang bagus, karena selain membuat terhibur, mereka sekaligus belajar. Secara tidak sadar akan tersisip pesan-pesan moral yang tersirat di dalamnya,” ungkap Ali Kuncoro.

Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Mas Pj tersebut mengatakan melalui pantun juga dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak serta memperbanyak kosa kata.

“Lewat pantun juga bisa melatih kemampuan mengingat dan sangat berpengaruh pada usia emas anak. Ini bagus untuk pertumbuhan mereka,” ulas Mas Pj.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menjelaskan lomba menulis pantun ini akan diikuti sekitar 500 lebih siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto, dengan tema pantun seputar Kota Mojokerto.

Baca Juga :  Kabaharkam Polri Sampaikan 7 Pesan pada Peringatan HUT ke – 72 Korsabhara Baharkam Polri

“Masing-masing anak nantinya akan membuat dua pantun yang akan ditulis di media koran yang sudah disiapkan oleh Radar Mojokerto,” terang Ruby Hartoyo.

Nantinya akan diambil tiga juara pada masing- masing kategori. Yakni juara 1,2, dan 3 untuk jenjang SD, serta juara 1,2, dan 3 untuk jenjang SMP, dengan hadiah uang pembinaan senilai total 13 Juta Rupiah.(Kar)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *