banner 728x250

2000 Peserta Mengikuti Upacara Hari Santri, Yang digelar MWC NU Pungging, Gus Barra Menjadi IRUP

banner 120x600
banner 468x60

MOJOKERTO, JURNALDETIK.COM- Senin (24/10/2022) MWC NU Kecamatan Pungging, Mojokerto. Mengelar Apel Nasional dalam rangka memperingati hari Santri tahun 2022, di lapangan Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Dalam Upacara tersebut, 2000 lebih peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SD, SMP, SMAN. Serta dari tenaga pendidik, Forkopimca dan Banom MWC NU wilayah Pungging, dan mengundang dr. Muhammad Albarra Lc, M.Hum Wakil Bupati Mojokerto dan di percaya untuk sebagai Inspektur Upacara.

banner 325x300

Dalam pidatonya, Gus Barra, panggilan akrab Wakil Bupati Mojokerto mengatakan, Sejak di sahkannya tanggal 22 Oktober 2015 sebagai hari sebagai Santri Nasional oleh Pak Jokowi kita berbangga.

” saat ini santri sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah, maka perlu ditingkatkan Ekstensinya” kata Gus Barra

Baca Juga :  Terkait Sengketa Tanah, Legalitas Penasehat Hukum Desa Wonoploso Dipertanyakan

Lebih lanjut, Gus Barra menerangkan, Dalam Proklamasi Kemerdekaan RI 1945 juga ada peran dari Kyai dan Santri. Pasca Indonesia Merdeka, penjajah itu sekutu itu datang kembali ke negeri kita dan untuk ingin menjajah kembali di negeri ini.

“lantas para ulama para Kyai para kaum Santri tidak mau menyerah dan tidak mau dijajah kembali hingga pada tanggal 22 Oktober 1945 lantas kemudian hadratus Syekh Kyai Haji Hasyim Asy’ari Rois Akbar Nahdlatul Ulama mengeluarkan resolusi jihad perintah jihad fisabilillah membela negara dan berada di garis terdepan di wajib kepada semua laki-laki yang sehat yang kuat untuk untuk fardhu Ain untuk melawan penjajah” terang Gus Barra

“Sekarang sebagai santri sebagai penerus generasi bangsa, Tinggal bagaimana berkontribusi dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya, saya percaya bahwasannya santriwan dan santriwati sekarang adalah pemimpin-pemimpin yang akan datang, saya yakin semua yang mengikuti upacara pada pagi hari ini. kalian semua adalah pemimpin pemimpin dimasa yang akan datang dan akan mengisi dan memberikan kontribusi untuk bangsa untuk khususnya Kabupaten Mojokerto” ungkap Gus Barra

Baca Juga :  Polres Madiun Kota Buka Gerai Vaksin Malam Hadapi Mudik Lebaran

Sementa itu Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Pungging, H.Ahmad Faidzin menyampaikan, pelaksanaan Apel Akbar memperingati Hari Santri bekerja sama dengan SMKN 1 Pungging.

Dan peserta yang mengikuti upacara hari ini sekitar 2000 lebih, ini menunjukan bahwa kita menjunjung tinggi nilai-nilai yang telah dilakukan oleh para pejuang, khususnya para alim ulama, para Kyai yang memutuskan resolusi Jihat untuk mempertahankan Kemerdekaan Negeri ini.

Baca Juga :  Polresta Mojokerto Bersama 3 Pilar, Laksanakan Pamor Keris Disiplinkan Pelanggar Prokes

” Kami ucapakan banyak terima kasih atas dukungan dan suksesnya pelaksanaan Apel Akbar tadi, terutama kepada Gus Barra yang telah meluangkan waktunya menghadiri kegiatan hari ini yang di gelar oleh MWC NU Pungging” Kata Ketua MWCU NU Pungging, yang juga menjabat Kades Lebaksono ini. (Kar)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *