banner 728x250

DPRD Kab.Mojokerto Gelar Rapat Paripurna Istimewa, Sambut Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke- 730

banner 120x600
banner 468x60

MOJOKERTO,JURNALDETIK.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730 yang jatuh pada 9 Mei 2023.

Paripurna Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-730 dengan tema ” Bersatu dan Berkarya Untuk Mojokerto Maju Lebih Cepat ” tersebut digelar di ruang rapat Graha Whicesa DPRD Kabupaten Mojokerto, Jalan RA Basoeni 35 Kecamatan Sooko Mojokerto, Senin (8/5/2023).

banner 325x300

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Hj. Ayni Zuroh, S.E didampingi dua Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, HM Sholeh dan Setia Puji Lestari dan Any Mahmunah. Selain itu, juga dihadiri Bupati Mojokerto dr. Hj Ikfina Fatmawati M.Si berserta Wakil Bupati Mojokerto Dr. H. Muhammad Al Barra LC, M.Hum, Setdakab, Drs Teguh Gunarko M.Si, Jajaran forkopimda, Kepala OPD, Camat, Kades dan Ormas.

Baca Juga :  Polres Mojokerto Juga Amankan Wanita Pengedar Sabu Di Sooko Mojokerto

” Selamat Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke – 730, mudah-mudahan Kabupaten Mojokerto kedepan semakin maju dan Sejahtera, ” ucap Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Hj. Ayni Zuroh mengawali pembukaan paripurna tersebut.

Dalam paripurna tersebut, juga di bacakan riwayat sejarah lahirnya Hari Jadi Kabupaten Mojokerto yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Any Mahmunah

Menurut keterangan yang dibacakan Any Mahmunah, menceritakan riwayat hari jadi Kabupaten Mojokerto, secara singkat hari jadi Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto waktu itu, H. Mahmud Zein SH, sejak awal menjabat mulai mengadakan berbagai upaya pendekatan mengingat hari jadi Kabupaten Mojokerto yang ditetapkan pada tanggal 12 September 1938 kurang memberikan etos kerja dan jati diri masyarakat Kabupaten Mojokerto yang mempunyai akar sejarah berkaitan erat dengan kebesaran Kerajaan Majapahit.

Baca Juga :  Kolaborasi Bapak dan Anak Diapresiasi Saat Reses l Tahun 2022

Maka, mulailah dilakukan berbagai upaya untuk menelusuri hari jadi Kabupaten Mojokerto yang lebih beragam kepada perjuangan para pendahulu dengan menggali potensi yang ada di daerah.

Upaya pendekatan tersebut antara lain sebagai berikut 1 pada tanggal 1991 dilaksanakan seminar sehari dengan tema Kabupaten Mojokerto menyongsong hari esok pada tahun 1992 dilaksanakan simposium menyongsong 7 abad Mojopahit yang dihadiri oleh Sekjen Depdagri.

Gubernur mengundang pakar pakar sejarah yang dari perguruan tinggi maupun dinas atau instansi terkait di berbagai pihak telah memberikan sumbang saran seperti dari kalangan terdidik cendekiawan dari perguruan tinggi dari instansi baik yang datangnya dari Kabupaten Mojokerto maupun dari luar daerah.

“ Akhirnya acuan yang disepakati bersama dan di pakai H. Mahmud Zein adalah titik awal tentara Majapahit berhasil mengalahkan pasukan Tartar dalam Tarikh masehi. Peristiwa tersebut adalah tanggal 9 Mei 1293, dan H. Mahmud Zein SH mengeluarkan Keputusan Bupati No. 230 tahun 1993 tentang penetapan hari jadi Mojokerto tanggal 09 Mei,” kata Wakil Ketua Dewan kabupaten Mojokerto Any Mahmunah.(Adv/Kar)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *