banner 728x250

Ketua Barracuda Laporkan PT. Jisoelman Putra Bangsa dan PT. Musika Dugaan Pidana Pertambangan Minerba ke Mabes Polri

banner 120x600
banner 468x60

MOJOKERTO,JURNALDETIK.COM– Beberapa waktu lalu. Hadi Purwanto, S.T, S.H, ketua LKH Barracuda Indonesia melaporkan PT. Jisoelman Putra Bangsa ( JPB ) dan PT. Musika ke Mabes Polri dengan dugaan Pidana pertambangan minerba, perlindungan dan pengelolaan lingkungan  hidup  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 158 dan Pasal 161 Undang-Undang No. 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas  Undang- Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dan/atau  dalam Pasal 109 Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Laporan dengan Nomor Surat : 390/BRI/HKM/VII/2023 pada tanggal 12 Juli 2023 dan Nomor Surat 393/BRI/HKM/VII/2023 pada tanggal 15 Juli 2023. Ketua Umum Barracuda Indonesia, Hadi Purwanto, polisi tetap profesional, transparan dan akuntabel terhadap setiap perkara pidana guna terwujudnya supremasi hukum yang mencerminkan kepastian hukum, rasa keadilan dan kemanfaatan.

banner 325x300

“Demi menjaga kepercayaan masyarakat akan kinerja dan kredibilitas institusi Polri, Kami
berharap Kapolri dan Kapolda Jawa Timur,  bertindak tegas dalam penanganan perkara ini. Tidak ada rasa sungkan lagi menindak siapun yang bersalah,” ungkap Hadi Purwanto saat menyampaikan keterangannya kepada para jurnalis, Minggu (6/8/2023) di Kantor Barracuda Indonesia.

Baca Juga :  Polres Ponorogo Siagakan Personel 24 Jam Bantu Tangani Banjir

Mengacu pada nomor surat 390/BRI/HKM/VII/2023 dan 393/BRI/HKM/VII/2023 yang diajukan kepada Kapolri dan Kapolda Jawa Timur, Barracuda Indonesia telah menemukan bukti-bukti dan fakta hukum yang sangat jelas terkait dugaan pelanggaran Pertambangan Minerba serta Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“dalam laporan tersebut, kami juga lampirkan bukti-bukti sudah lebih dari cukup, fakta-fakta hukum sangat terang, Kami berharap kepada bapak Kapolri dan bapak Kapolda untuk segera menangkap Bos CV.Musika dan PT. Jisoelmen Putra Bangsa,” harap Hadi Purwanto

Dalam laporan tersebut, Barracuda Indonesia menyoroti pihak terlapor utama, termasuk Ftm (Dirut CV Musika), Sis (Dirut PT. Jisoelmen Putra Bangsa), dan Nl (Bendahara Perusahaan). Fakta menunjukkan bahwa CV. Musika dan PT. Jisoelman Putra Bangsa adalah perusahaan milik keluarga suami dari Bupati Mojokerto

“Berdasarkan data dan informasi yang Kami kumpulkan, CV. Musika dan PT. Jisoelmen Putra Bangsa mempunyai alamat perusahaan yang sama yaitu di Dusun Tlasih Desa Tawar Kecamatan Gondang. Ftm (Dirut CV Musika) adalah adik kandung Sis (Dirut PT. Jisoelmen Putra Bangsa). Ftm adalah ibu kandung suami bupati Mojokerto Jadi secara fakta dapat disimpulkan bahwa CV Musika dan PT. Jisoelmen Putra Bangsa adalah perusahaan milik keluarga Bupati dan Walikota Mojokerto saat ini,” Papar Hadi Purwa.

Baca Juga :  Ketua DPD Bersama Pengurus DPC Partai Demokrat Kab Mojokerto Silaturahmi Ke Pendiri Ponpes Amanatul Ummah Pacet

Dalam laporan yang diajukan pada tanggal 12 Juli 2023, Barracuda Indonesia mengungkapkan bahwa aktivitas pertambangan yang berlokasi di Dusun Borang Desa Sambilawang Kecamatan Dlanggu dan Desa Manting Kecamatan Jatirejo tidak memiliki izin pertambangan yang sah. Material batuan hasil kegiatan pertambangan ini diangkut menuju pabrik CV. Musika dan PT. Jisoelman Putra Bangsa tanpa memiliki izin yang diperlukan.

“Berdasarkan data dan informasi yang Kami dapatkan dari Kementerian ESDM menerangkan bahwa kegiatan pertambangan tersebut patut diduga Usaha/Kegiatan Pertambangan Galian C tersebut belum memiliki WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan), belum/tidak memiliki IUP eksplorasi, belum/tidak memiliki IUP operasi produksi, belum/tidak memiliki izin pengangkutan dan penjualan dan belum/tidak memiliki izin lingkungan atau dokumen AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan),“ terang Hadi Purwanto

Sementara dalam laporan dengan Nomor Surat : 395/BRI/HKM/VII/2023 pada tanggal 15 Juli
2023 sebagai pihak terlapor utama adalah 1) Ftm (Dirut CV Musika), 2) Sis (Dirut PT. Jisoelmen Putra Bangsa) dan 3) NL (Bendahara Perusahaan), 4) SY (Kepercayaan Perusahaan), 5) PR (Kades Manting Jatirejo), 6) SHh (Mantan Kades Sadar Tengah Mojoanyar), 7) YT (Mantan Kades Jembul Jatirejo), 8) HR (Ketua BPD Desa Manting), 9) YS(Kades Bleberan Jatirejo).

Baca Juga :  Polres Mojokerto Gelar Apel Siaga Tahun Baru Imlek 2573

Laporan tersebut terkait adanya aktivitas atau kegiatan pertambangan yang berlokasi di Desa Manting Kecamatan Jatirejo pada bulan Juli 2023 hingga laporan ini dibuat kegiatan tambang tersebut masih berlangsung yang patut diduga pertambangan tersebut adalah milik CV Musika dan PT. Jisoelmen Putra Bangsa yang beralamatkan di Dusun Tlasih Desa Tawar Kecamatan Gondang.

Sejauh ini, sampai berita ini dinaikkan belum ada konfirmasi dan keterangan resmi dari CV. Musika dan PT. Jisoelman Putra Bangsa.( Kar )

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *