banner 728x250

Jajaran MES Jatim, Emil Dardak – Abdul Hakam, Mengucapkan Selamat Erick Thohir Terpilih Sebagai Ketum MES

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA,JURNALDETIK.COM- Segenap Pengurus Wilayah (PW) MES Jawa Timur dibawah kepemimpinan Emil Dardak selaku Ketua Umum dan Abdul Hakam sebagai Sekretaris Umum, mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya (Lagi) Bapak H. Erick Thohir sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) pusat periode 1445 H – 1450 H / 2023 – 2028.

“Kami segenap Pengurus Wilayah (PW) Masyarakat Ekonomi Syariah / MES (Provinsi) Jawa Timur mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Bapak H. Erick Thohir sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 1445 H – 1450 H / 2023 – 2028,” ungkap Emil Dardak yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur, didampingi Abdul Hakam selaku Sekretaris Umum (Sekum) PW MES Jatim, Minggu 1 Oktober 2023.

banner 325x300

Erick Thohir yang juga Menteri BUMN RI terpilih lagi menjadi Ketum MES periode 2023 – 2028 melalui Musyawarah Nasional (Munas) VI (ke-6) MES yang diadakan di Gedung Plaza Mandiri Jalan Gatot Subroto Kav. 36 – 38 Senayan, Jakarta Selatan, Minggu / Ahad pagi (1/1/2023). Penetapan keputusan tersebut melalui rapat sembilan anggota tim formatur yang dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat (PP) MES. Hasil Munas ini disambut positif dan antusias oleh segenap pengurus MES seluruh Indonesia, begitupun untuk PW MES Jatim.

Baca Juga :  Mengedepankan Sikap Humanis, Sat Lantas Polresta Banyuwangi Gelar Ops Keselamatan 2022

Erick Thohir dikenal sangat lekat dengan MES, dari tingkat akar rumput, hingga Presiden dan Wapres, Kiai / Kyai Ma’ruf Amin.

Geliat aktivitas ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dinilai menjadi arus baru ekonomi yang memiliki daya tahan tinggi sekaligus memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. Kehadiran Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) memiliki peranan penting dalam mewujudkan akselerasi dan literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Untuk itu, diperlukan peningkatan komitmen para jajaran pengurusnya, khususnya untuk berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi syariah di masyarakat hingga ke akar rumput.

Untuk itu pada Munas MES VI tersebut Wapres Ma’ruf Amin minta untuk ditingkatkannya peran dan kontribusi nyata MES sebagai penggerak pengembangan ekonomi syariah hingga level akar rumput.

Lebih jauh, sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah, Wapres meminta agar dapat terus digiatkan diseminasi mengenai kontribusi ekonomi dan keuangan syariah sehingga dapat dipedomani oleh masyarakat.

Dalam salah satu bagian Munas MES VI, Erick Thohir berjanji salah satunya di kepengurusannya ke depan harus mempunyai rumah syariah. Rumah syariah yang akan dijadikan sebagai wadah menyusun program dan sistem berdasarkan database yang dimiliki. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membuat kebijakan yang lebih tepat sasaran.

Baca Juga :  IPTU MK Umam, Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Rangking 1 Sejatim di Aplikasi Siap Semeru

Hal lain yang menjadi perhatian diantaranya terkait memperluas ekonomi syariah, tidak hanya di dalam negeri melainkan juga sebagai produk global. Dikana Bank Syariah Indonesia (BSI) termasuk dalam 12 bank syariah terbesar di dunia. Sehingga peluang untuk meningkatkan ekonomi syariah kian terbuka lebar seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Erick Thohir menyampaikan komitmen penuh MES untuk dapat memberikan kontribusi secara optimal dalam mengembangkan ekonomi syariah dan kemaslahatan umat.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan berupa Rumah Tahan Gempa Cianjur oleh Ketua Umum MES Erick Thohir kepada Ketua Yayasan Masyarakat Mitra Masjid Prihantono, sebagai salah satu bagian tindaklanjut dari peristiwa gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat, November 2022 yang lalu.

Diantara para hadirin dalam acara tersebut juga tampak Wakil Ketua Dewan Pembina MES Muliaman Hadad, Wakil Ketua Dewan Pembina MES Agung Firman Sampurna, Direktur Utama PT Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Sekretaris Jenderal MES Iggi Haruman Achsien, Bendahara Umum MES Herry Gunardi, jajaran Dewan Penggerak dan Dewan Penyantun MES, serta jajaran pengurus pusat, wilayah, dan daerah MES seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Presiden PERADRI Apresiasi Kinerja Polda Jatim yang Berhasil Ungkap Ratusan Kasus Judi Online di Tahun 2022

Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Dari PW MES Jatim hadir segenap pengurusnya dibawah kepemimpinan langsung Emil Dardak selaku Ketua Umum PW MES Jatim dan Abdul Hakam selaku Sekretaris Umum PW MES Jatim. “Sekali lagi, kami ucapkan Selamat Atas Terpilihnya (lagi, red.) Bapak H. Erick Thohir yang juga Menteri BUMN RI, menjadi Ketua Umum PP MES periode 1445 H – 1450 H (2023 – 2028),” ucap Abdul Hakam yang mendampingi Emil Dardak selama acara Munas MES VI di Jakarta. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926 (Siswahyu).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *