banner 728x250
Berita  

World Ocean Day, Satpolairud Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Situbondo

banner 120x600
banner 468x60

 

SITUBONDO,JURNALDETIK.COM – Hari laut sedunia (World Ocean Day) yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024 diperingati oleh Satuan Polisi Perairan dan Udara ( Satpolairud) Polres Situbondo Polda Jatim.

banner 325x300

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rahkmanto mengatakan peringatan World Ocean Day ini dengan tujuan mengingatkan akan peran laut dalam kehidupan sehari-hari.

“Laut adalah sumber utama makanan dan obat-obatan serta merupakan bagian penting dari biosfer,” ujar AKBP Dwi Sumrahadi, Sabtu (8/6).

Dalam rangka memperingati hari laut sedunia ini Satpolairud Polres Situbondo bersama masyarakat dan KSOP kelas IV Panarukan, serta perangkat Desa Semiring membersihkan pantai disekitar pelabuhan Kalbut.

Baca Juga :  Diduga Mark Up Anggaran Pengadaan Mesin Pengering, Empat Perangkat Desa Kedunglengkong Diadukan ke Polres Mojokerto

Hal itu guna meminimalisir pencemaran sampah laut yang berasal dari aktifitas bongkar muat di pelabuhan Kalbut yang terletak di Desa Semiring Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo.

Sementara itu Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa menjelaskan kegiatan membersihkan Pantai di peringatan hari laut sedunia ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah pencemaran laut dari sampah.

“Menggugah hati warga Masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di Kawasan perairan ataupun laut,”ujarnya.

Baca Juga :  Polresta Banyuwangi Tngkatkan Penjagaan di Pelabuhan Ketapang Jelang WWF Ke-10 di Bali

Menurutnya, sampah laut sangat mempengaruhi lingkungan biota laut, air laut menjadi keruh dan banyak sampah nyangkut pada karang atau terumbu karang.

“Ini yang menyebabkan kerusakan pada terumbu karang, dan apabila terumbu karang rusak dapat menyebabkan produksi ikan berkurang dan bahkan nelayan akan sulit dalam mencari ikan,”jelas AKP Gede.

Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat sadar untuk melindungi laut dari pencemaran akibat sampah.

“Semoga kedepan warga Masyarakat makin cinta lingkungannya dengan tidak mengotori dengan sampah,”pungkasnya. (Kar)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *